Apa Sih Perbedan Kamera DSLR dan Kamera Mirrorless ?

perbedaan kamera DSLR dan kamera mirrorless

Sebelum kamu memutuskan membeli sebuah kamera pastinya kamu bingung antara memilih kamera digital single lens reflect (DSLR) atau Kamera mirroless. Ya, tentu jawabanya tergantung kebutuhan masing-masing. Ketika kamera DSLR hadir langsung menjadi idola semua orang karena fitur fiturnya yang bisa dibilang kompleks. Namun, akhir-akhir ini kepopuleran kamera DSLR mulai tergantikan dengan munculnya kamera mirrorless.

Perbedaan kamera DSLR dan kamera mirrorless yang paling mencolok adalah dari segi harga, ukuran, hingga kualitas itu sendiri. Dan dengan keberadaan cermin pada kamera DSLR yang berfungsi memantulkan gambar dari lensa ke arah viewfinder. Sedangkan, di kamera mirrorless dihilangkan maka gambar dari lensa langsung diterima oleh sensor tanpa dipantulan lagi.

Tapi dengan berkembangnya era modern kualitas kamera mirrorless nggak kalah dengan kamera DSLR. Pada dasarnya memang keduanya merupakan kamera digital tapi kamera DSLR dan kamera mirrorless memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing tergantung kamu sendiri sesuai kebutuhan.

Berikut adalah perbedaan kamera DSLR dengan kamera mirrorless, yuk simak langsung !.

Perbedaan Kamera DSLR dan Kamera Mirrorless


Berat dan Ukuran


perbedaan kamera DSLR dan kamera mirrorless

Bagian tubuh DSLR tampak lebih besar dan berat karena karena terdapat ruang untuk mekanisme shutter. Kamera DSLR paling ringan saat ini adalah kamera Canon EOS 100D dan Canon EOS 200D dengan berat yang hanya sekitar 407 gram. Sedangkan kamera mirrorless lebih ringan dengan ukuran yang mungil karena ditiadakannya cermin mekanisme shutter. Tetapi kamera DSLR lebih diuntungkan ketika memakai lensa tele yang panjang dan besar, dibandingakan dengan kamera mirrorless jika memakai lensa yang besar terasa kurang proposional.

Jika kamu suka memakai kamera untuk ber-traveling agar tidak mendambah bebab kami sarankan memakai kamera mirroless yang lebih ringan dan ringkas, Selain itu kualitas kameranya pun nggak kalah dengan kamera DSLR. Namun, jika kamu lebih terbiasa memakai kamera DSLR tidak masalah karena ada sebuah kata-kata “kamera terbaikmu adalah kamera yang kamu punya”.

Viewfinder atau Jendela Bidik


perbedaan kamera DSLR dan kamera mirrorless

Kamera DSLR mempunyai jendela bidik yang disebut dengan Optical View Finder (OVF). Ketika memotret dengan menggunakan DSLR, kamu tidak akan tahu langsung hasil foto seperti apa sebelum melihatnya di layar LCD. Sedangkan, pada kamera mirrorless, fitur ini digantikan oleh Electronic View Finder (EVF) yang menurut sebagian orang lebih praktis yang memiliki kelebihan bisa mengatur ulang gambar yang tampak di LCD agar menghasilkan foto yang sesuai keinginan. 

Kamu tidak perlu lagi menebak nebak hasil jepretan, Kamu juga bisa membesarkan tampilan pada area fokus dan memeriksa efek penyesuaian warna serta kecerahannya sebelum membidik. Tetapi, teknologi EVF akan mengkonsumsi daya lebih besar, maka dari itu kamera mirrorless menjadi sangat boros.Beberapa kamera mirrorless tidak mempunyai teknologi EVF hanya sebagian dari kelas High end yang memilikinya.

Lensa


perbedaan kamera DSLR dan kamera mirrorless

Ya, perbedaan lain kamera DSLR dan kamera mirrorless adalah dalam hal ketersediaan varian lensa. Jika kamu ingin punya beragam varian lensa pastinya kamu akan memilih kamera DSLR karena kamera DSLR memiliki banyak varian lensa dari lensa fix, hingga lensa tele yang panjang. Selain itu masih banyak lensa produksi pihak ketiga yang bisa diterapkan pada DSLR merek tertentu.

Memang sekarang beberapa produsen mirrorless saat ini sudah mulai banyak memproduksi lensa dengan varian yang bermacam-macam namun, masih bisa dihitung dengan jari. Meskipun mirrorless sudah lama diciptakan, mirrorless tetap belum memiliki banyak varian yang lengkap. Tetapi kamu bisa menggunakan beberapa lensa DSLR ke kamera mirrorless kamu dengan menggunakan adapter.

Berbanding terbalik, kamera DSLR tidak bisa menggunakan lensa-lensa kamera mirrorless karena titik fokus yang terlalu jauh sehingga tidak akan pernah bisa fokus. Dengan perkembangan teknologi tentunya akan banyak lensa lensa mirrorless yang akan dibuat untuk memenuhi hasrat pencinta fotografi khususnya pengguna kamera mirrorless.

Autofocus


perbedaan kamera DSLR dan kamera mirrorless

Sebagian kamera DSLR telah menggunakan “phase-detection” dalam autofocus-nya yang ketika dipakai sangat responsive dengan pergerakan dan hasilnya sudah sangat cepat. Tapi, bukan berarti tidak memiliki kelemahan yaitu cara ini hanya bisa berjalan jika cermin di dalam kamera menghadap ke bawah. Sementara jika kamu menggunakan live view di LCD kamera DSLR akan berubah otomatis menggunakan sistem contrast AF yang relatif lebih lambat.

Sedangkan, kamera mirrorless harus bergantung sepenuhnya pada sensor dan rata-rata menggunakan contrast AF. Namun, contrast AF di mirrorless jika diperhatikan lebih cepat jika dibandingkan dengan contras AF di DSLR. Keunggulan lain kamera mirrorless adalah ada sebagian kamera mirrorless keluaran terbaru menggunakan system hybrid AF dan system ini merupakan gabunga dari phase detection dan contrast AF. Dengan adanya fitur ini kamu nggak perlu lagi khawatir kekuratan dalam mengunci focus kamera dan lebih cepat dari kamera yang menggunakan sistem contrast AF.

Image Stabilization


Dalam fitur ini baik kamera DSLR maupun kamera mirrorless rata rata sudah memilikinya. Fitur ini dapat meminimalisit adanya goncangan atau getaran ketika anda mengambil gambar maupun sedang mengambil video. Kamera DSLR biasa menyematkan fitur ini dalam lensanya bukan di dalam bodynya, sedangkan kamera mirrorless justru memasang fitur ini didalam bodynya.

Terlebih lagi kamu harus menghidupkan fitur ini terlebih dahulu sebelum kamu memulai mengambil gambar. Alhasil hasil jepretan kamu lebih aman dari getaran yang bisa saja muncul ketuka kamu sedang memegang kamera.

Shutter Kamera


perbedaan kamera DSLR dan kamera mirrorless

Ya, ketika kamu menggunakan kamera DSLR tentunya kamu terdengan suara jepretan, namun sekarang kamu tidak perlu lagi dengan ganguan suara itu karena kamera mirrorless tidak akan menimbulkan suara ketika kamu menekan tobol shutter. Kamera mirrorless menggunakan electronic shutter (bukan mekanik) sehingga tidak ada suara sama sekali dan kamera mirrorless tidak memiliki cermin sehingga tidak ada pergerakan dalam pengambilan gambar.

Sedangkan kamera DSLR masih menggunakan shutter mekanik karena masih menggunakan cermin untuk memotret sehingga dapat menimbulkan suara pergerakan cermin setelah kamu menjepret foto. Namun, jika kamera mirrorless kamu terdapat suara jepretan itu hanyalah sebuah efek yang sengaja dipakai untuk memberikan kesan kamu telah menjepret foto. Dan kamu bisa mematikan suara tersebut dalam mode senyap yang telah disediakan di kamera mirrorless.

Daya Tahan Baterai


perbedaan kamera DSLR dan kamera mirrorless

Ya, tentunya kamera mirrorless mempunyai kekurangan lemahnya daya tahan baterai alias sangat cepat habis. Keuntungan kamera DSLR dengan body yang besar yaitu bisa menggunakan baterai yang besar pula. Sebagai contoh biasanya kamera DLSR dapat menjepret 900-an foto dalam sekali charge, sedangkan kamera mirroless hanya bisa menjepret sekitar 350-an foto sekali charge. Tentunya hal tersebut dapat menjadi sebuah pertimbangan jika kamu lebih suka memfoto lebih banyak kamu bisa memilih kamera DSLR.
Dan Jika kamu lebih suka dengan body kamera mirroless yang mungil kamu harus bersiap- siap dengan baterai cadangan supaya hasrat kamu bisa terpenuhi.

Harga


Ini lah yang ditunggu tunggu dalam pembahasan kali ini jika kamu punya budget yang pas-pasan. Kamu pasti berfikir bahwa kamera mirrorless akan lebih murah dibandingkan kamera DSLR karena ukuran kamera mirrorless yang kecil ,tetapi faktanya untuk saat ini harganya sudah mulai setara. Karena dalam industri kamera para produsen telah membedakan kebutuhan kamu dari level profesional hingga pemula. Memang ketika kamera mirrorless muncul harganya lebih murah disbanding kamera DSLR, namun dengan perkembangannya spesifikasi mirrorless terus berkembang maka harganya juga berangsur-angsur lebih mahal setiap akan keluarnya model baru.

Selesai sudah pembahasan kali ini jika kamu masih binggung mau pilih yang mana, kamu harus menyesuaikan dengan tipe kamu sendiri. Jika kamu adalah tipe orang yang suka mengambil banyak foto puluhan hingga ratusan jepret dalam satu sesi pemotretan, sebaiknya kamu menggunakan kamera DSLR. Karena kamu tidak akan terpuaskan apabila hanya menggunakan mirrorless karena daya tahan baterainya lebih cepat habis dibandingkan DSLR. Sedangkan jika kamu tidak memerlukan banyak jepretan untuk mengambil foto, tipe mirrorless cocok untuk kamu. Karena dengan bobot yang ringan tidak perlu lagi membawa tas besar tambahan lagi untuk kamera. Menurut kamu tipe yang mana? Silahkan komentar dibawah ini! 

0 komentar

Posting Komentar