Cara Mengatasi Performa Windows 10 yang Lelet

Sekarang, sebagian orang sudah menggunakan OS Windows 10 karena os tersebut sudah terbilang baik untuk tahun ini. Tetapi pc atau laptop kamu yang sudah menggunakan Windows 10 terasa nge-lag atau lemot padahal laptop atau PC kamu sudah memenuhi spesifikasi Windows 10.

Mengatasi Performa Windows 10 yang Lelet




Jika Windows 10 kamu nge-lag karena spesifikasi dan versi perangkat kamu yang tidak memenuhi itu merupakan salah satu penyebab karena memaksa kinerja PC atau laptop kamu. Sebaliknya, jika kamu sudah memenuhi kriteria Windows 10 tetapi masih mengalami lemot atau nge-lag yang membuat kamu jadi kesal.

Nah, kami akan membantu kamu untuk mengatasi performa Windows 10 pada PC atau laptop kamu yang lelet dengan beberapa hal berikut.

1. Gunakan Windows Troubleshooting


Software

Dengan kamu menggunakan tool bawaan dari Windows 10 ini, kamu bisa mengetahui apa saja yang terjadi kesalahan pada PC atau laptop kamu. Banyak orang yang masih belum mengetahui fungsi tool ini. Kegunaan tool ini yaitu mendeteksi dan mengatasi masalah yang terjadi pada PC atau laptop kamu.

Untuk menggunakannya, kamu hanya tinggal ketik "troubleshooting" pada pencarian dan klik "Troubleshooting" yang muncul. Klik "Run maintance task" dibawah System and Security. Setelah itu kamu klik next pada pop-up yang muncul tadi. Maka tool ini akan otomatis mendeteksi apakah PC atau laptop kamu terjadi kesalahan.

2. Scan Dengan Windows Defender


Software

Scanner bawahan yang terdapat pada Windows 10 ini juga bisa mengatasi virus atau malware yang terdapat pada PC atau laptop kamu yang dapat menurunkan kinerja OS tersebut dan akan mengalami lag.

Kamu hanya perlu mengetik Windows Defender pada pencarian, tekan enter, dan klik Scan now. Kamu juga bisa mengaksesnya melalui ikon taksbar di sebelah kanan dan kamu tinggal klik ikon tersebut.

3. Matikan Program yang Tak Diinginkan


Software

Ini juga merupakan salah satu penyebab kenapa PC atau laptop kamu bisa mengalami nge-lag karena banyak program yang terbuka di background. Padahal program tersebut tidak digunakan tetapi terlihat berjalan.

Gunakan task manager dengan ketik Task Manager di kolom pencarian atau bisa dengan tekan tombol Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan. Klik startup pada bagian atas untuk mematikan program yang ada di background dan akan muncul beberapa program yang terbuka.

Untuk menonaktifkan program yang terbuka atau berjalan, kamu tinggal pilih program untuk dimatikan dan klik kanan program tersebut dan pilih Disable.

Itulah beberapa hal yang dapat mengatasi performa yang lemot. PC atau laptop kita jika mengalami nge-lag membuat kita kesal karena kita tidak dapat menggunakannya dengan nyaman. Gunakan beberapa hal ini dan semoga berhasil di PC atau laptop kamu agar dapat berjalan dengan lancar.

1 komentar

  1. ane lag ngetik pas di wordpress napa ya min ? kalo udah skitar 300 kata lebih

    BalasHapus


EmoticonEmoticon