Tips Hindari Malware yang Berbahaya di Android

Smartphone Android pun dapat rusak atau sakit seperti manusia jika smartphone tersebut dijangkiti sebuah malware yang tak terlihat karena kamu mengunduh aplikasi yang tidak jelas atau bukan resmi dari Play Store.

Cara Menghindari Malware yang Berbahaya di Android


Malware yang Berbahaya di Android

Malware yang sudah tertanam dalam smartphone kamu akhirnya dapat menimbulkan sebuah kerusakan atau si pembuat malware tersebut dapat mengeksploitasi smartphone kamu hanya karena kamu melakukan sebuah kesalahan atau ketidaksengajaan.

Dalam hal ini, kamu pasti membutuhkan cara agar dapat terhindari dari malware tersebut. Berikut kami berikan tips yang dapat kamu coba.

1. Perhatikan Asal Usul Aplikasi Yang Kamu Unduh

Jika kamu suka mengunduh aplikasi yang bukan dari Play Store resmi hanya karena aplikasi tersebut yang sudah di modifikasi agar dapat menggunakan fasilitas lebih. Tapi kamu juga harus berhati-hati karena mungkin saja aplikasi tersebut sudah dimasukkan sebuah malware yang kamu tidak ketahui. Lebih baik kamu mengunduh dari tempat yang sudah terpercaya.

2. Perhatikan Akses Permission Dari Aplikasi Tersebut

Kamu juga harus teliti dalam memberikan akses permission-nya jika aplikasi tersebut meminta izin akses yang tidak bersangkutan dengan aplikasi itu harap dicurigai karena itu juga salah satu cara untuk menyusup ke dalam smartphone kamu.

3. Jangan Akses WiFi Atau Hotspot Asing

Hati-hati jika kamu yang suka menggunakan akses WiFi atau Hotspot yang tak dikenal dikarenakan wifi atau hotspot tersebut gratis. Mungkin saja, WiFi atau Hotspot yang kamu sambungkan sudah disiapkan oleh para peretas agar dapat masuk kedalam sistem smartphone kamu.

4. Gunakan Anti Virus Terupdate

Memasang Anti Virus itu juga salah satu cara agar smartphone kamu dapat terhindari dari sebuah virus. Gunakan antivirus yang sudah terpercaya dan selalu melakukan update karena jika kamu mengunduh antivirus yang tidak terpercaya terkadang biasanya antivirus tersebut malah sudah dijangkiti sebuah malware.

5. Update Sistem OS Terbaru

Selain cara diatas, kamu juga harus selalu update os ke versi yang terbaru agar dapat memperbarui versi dari versi sistem lama kamu. Dengan update os, smartphone dapat dioptimalkan dan mendapat perbaikan jika versi lama kamu terdapat bug sehingga Android kamu dapat digunakan tanpa kendala.

Dengan kamu menggunakan cara ini, kami harap kamu dapat menjaga smartphone kamu agar tidak disusupi oleh sebuah malware.

0 komentar

Posting Komentar