Inilah Dampak Negatif dari Kecanduan Media Sosial

Media sosial telah menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan di era Internet of Things. Selain dapat digunakan sabagai media berekspresi, media sosial juga menjadi cara terbaru untuk berkomunikasi dengan teman. Berbagai pengalaman pribadi, hingga mengatur janji kalian dengan teman baru atau teman lama bisa kita lakukan dengan sangat mudah di media sosial.

Tetapi selayaknya pisau bermata dua, selain memberikan efek positif bagi pengguna media sosial, media sosial juga memiliki dampak negatif bagi para penggunanya. Apa yang membuat kalian aktif di media sosial? coba kalian simak dampak negatif yang ditimbulkan dari media sosial yang akan kami sebutkan.

Dampak Negatif dari Media Sosial


Inilah Dampak Negatif dari Kecanduan Media Sosial

Sudah bukan menjadi rahasia bahwa gara-gara media sosial, orang jadi lupa cara bersosialisasi. Dari mulai dampak negatif ,hingga bahaya finansial, semua bisa ditimbulkan oleh media sosial jika kalian tidak menggunakan dengan bijak.

1. Terkena Penyakit Mental

Bukan tidak mungkin lagi gara-gara media sosial kalian jadi memendam rasa penasaran yang sangat tinggi pada seseorang, hingga berdampak menjadi stalker. Sering ada juga yang telah kehilangan rasa percaya diri karena terlalu sering melihat orang yang ganteng dan cantik di media sosial. Seketika kalian mungkin akan menyangkal hal wajar, padahal sebenarnya kalian mulai terkena penyakit mental gara-gara sering bermain media sosial.

2. Kehabisan Uang


Foto sana sini, terus upload di instagram. Rekam ini itu, tak kunjung lupa dibagian ke Youtube dan Path. Tapi apakah sadar kalo hal yang satu itu akan berdampak pada kuota kalian sehingga cepat habis? Karena kuota dibeli menggunakan uang, maka sangat jelas bahwa media sosial secara tidak langsung membuat kalian kehabisan uang.

3. Kehilangan Teman


Sampai asiknya sama media sosial, beberapa orang menjadi kecanduan dengan smartphone. Hidupnya tidak bisa lepas dari smartphone walau lagi berkumpul dengan teman/sahabat sekalipun. Dengan begitu secara perlahan teman/sahabat disekitar kalian akan mulai menjahui kalian karena berasa tidak dianggap. Hayo ngaku pasti kalian sering asyik menggunakan Facebook atau Twitter saat sedang berkumpul dengan teman/sahabat?

4. Diri Tidak bisa dikendalikan

Banyak dari orang yang menggunakan media sosial untuk sarana berekspresi. Dengan hal itu bukanlah sesuatu yang salah. Yang menjadi permasalahan adalah saat orang menggunakan media soaial sebagai sarana untuk berekspresi tidak menggunakan batas hingga lupa aturan. Hal itu terjadi karena mereka berpikir media sosial semua orang dapat bebas berekspresi, tetapi kenyataannya tidak.

Sudah sering terjadi orang kehilangan "Hidupnya" gara-gara media sosial. Pengguna media sosial yang kurang bijak selalu akan berdampak negatif dan dapat mengakibatkan kehilangan kendari diri sehingga dapat merugikan di lingkungan sosial.

5. Kehilangan Privasi Diri

Entah sadar atau tidak, salah satu dampak negatif yang sangat menonjol pada media sosial adalah hilangnya privasi diri sang penggunanya. Dengan mudahnya untuk membagikan, kalian sebagai pengguna dari media sosial pasti sering membagikan atau berbagi cerita tentang apa yang kalian alami, atau foto, bahkan lokasi kalian berada. Kalian sadar kali itu berbahaya bagi kehidupan kalian di dunia nyata?

Dengan memanfaatkan semua informasi yang terdapat pada media sosial, orang yang tidak bertanggung jawab akan dengan mudahnya berbuat jahat kepada kalian didunia nyata. Bahkan jika kalian tidak telanten, bahkan akun media sosial kalian dapat di hack oleh hacker yang mengincar data-data yang terdapat pada media sosial kalian.

Semoga dengan taunya bahaya atau dampak negatif media sosial yang Foriset bagikan bisa menjadi cambuk yang menyadarkan kalian, bahwa media sosial sebagai tempat berekpresi, media sosial juga dapat menyimpan bahaya atau dampak negatif jika sang pengguna tidak menggunakannya dengan bijak.

Maka dari itu, kalian harus gunakan media sosial secara bijak dan benar agar kalian bisa menyelamatkan  hidup sosial kalian dan hidup personal kalian.

0 komentar

Posting Komentar